BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembangdan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan caraberpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidakakan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsakita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistempendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kitaberpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita inginmewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harusterbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memilikikemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membacasudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidakdapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yangharus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya gunadan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi.Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkansebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupanbangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadapmutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarikperhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihakyang peduli terhadap dunia pendidikan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “PengaruhPerpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait denganpelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbanganperpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitandengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan disekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutupendidikan di sekolah ?
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan disekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutupendidikan di sekolah ?
C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, makamasalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan programpendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benardapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. Perumusan Masalah.
D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalahtersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadappelaksanaan program pendidikan di sekolah?
2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaansekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BABII
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Perpustakaan merupakan bagian intergral darilembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa bukumaupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasanmeliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaanterhadap pelaksanaan program pendidikan.
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolahadalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolahlainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapisemua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di sampingdimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat muridserta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan denganpelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan denganpelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaanmembaca.
2.Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3.Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa denganmenyediakan bahan bacaan yang bermutu.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa denganmenyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan danmemelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untukbelajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif danefisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjangpelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler,kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapatdirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalahperpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampumembangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkankecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis sertamampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan danmemelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalahperpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagaicabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teraturdan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalammencari informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialahperpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesanbahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, danefisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialahperpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakanbuku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapatdigunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupunoleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialahperpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyekpenelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakansekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan programpendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuandan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yangdapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dankritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukupmemuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadapsesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaanmemberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuanyang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada parasiswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien danefektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalammeningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca,sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akanpengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapatmemberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada parasiswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi parasiswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telahdikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasibelajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembangpada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang inibiasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapatmenjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurangsehat dalam hubungan berteman diantara mereka.
BABIII
PENUTUP
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan PerpustakaanSekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasipendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada padasetiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakansesuai dengan tujuan dan fungsinya
B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitubanyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusunmemberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengantujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yangprofesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawanyang handal dan profesional
DAFTARPUSTAKA
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan
SUMBER : http://khamriadhye.blogspot.com/
SUMBER : http://khamriadhye.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar