Home » , » MODEM DAN ETHERNET CARD

MODEM DAN ETHERNET CARD

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………….......………………...………i
DAFTAR ISI………………………...…………………………...…. ii
BAB I : PEMBAHASAN
A. Pengertian Modem................................................................1
B. Jenis-Jenis Modem.............................................…………...2
C. Pengertian Ethernet Card.......................................………..10
D. Jenis-Jenis Ethernet Card........................................……….10
BAB II : PENUTUP
- KESIMPULAN………….......................…………………... 17
- SARAN...................................................................................18
DAFTAR PUSTAKA



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirahim
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Tiada yang patut saya ucapkan selain segala puji bagi Allah SWT dan salam serta shalawat bagi Rasulullah SAW beserta keluarga, sahabat dan para insan yang masih konsisten di jalan-Nya.
Kliping ini dibuat agar dapat menambah ilmu wawasan bagi yang membaca pembahasan tentang “Modem, Ethernet Card dan jenis-jenisnya” ini terkhusus kami sebagai siswa/pelajar. Dan tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak guru pengajar mata pelajaran TIK yang telah mengajar kami sehingga Kliping ini dapat selesai.
Walaupun Kliping ini telah di selesaikan dengan segala kemaksimalan, tidak menutup kemungkinan tidak adanya suatu kelemahan, seperti perumpamaan tidak ada gading yang tak retak. Oleh karena saya sebagai penulis sangat mengharapkan kritikan, saran dan masukan yang sifatnya membangun dari semua pihak, mudah-mudahan dengan begitu maka kesalahan yang sama pada waktu yang lain tidak akan terulang.
Akhirnya kepada Allah jua-lah kita berharap, mudah-mudahan Kliping ini berguna bagi kita semua sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.
Sengkang, September 2010


PEMBAHASAN

A.  Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
*       Modem External


*       Modem Internal merupakan Modem yang sudah menjadi satu kesatuan dalam sistem komputer, dan sudah ditancapkan pada motherboard.


Gambar Jenis Modem Internal

B.   Jenis-Jenis Modem

*       Modem 3GP
*       Modem GSM
 GSM Modem Speed : 3.6 - 7.2 Mbps MicroSD Slot Unlocked
 
Modem GSM – O2 E.160 – Slot Memory – 7.2 Mbps

*       Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
*       Modem ADSL
o    Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
Modem ADSL D-Link DSL 520B
Westell Model 6100 AXXDSL modem



                       
Modem ADSL N Belkin + Wireless Router 300Mbps+ 4Port
*       Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel

Modem kabel tampak dari belakang dengan soket-soketnya
Di Balik Teknologi Jaringan ADSL dan Cable Modem


Modem Bulk Cable
*       Modem CDMA
Multitech Modem CDMA Dualband RS232
Modem CDMA Multitech Khusus Server Pulsa , dll Broadcast.
MultiModem CDMA modem nirkabel merupakan standar berbasis kinerja multi-band CDMA2000 1xRTT.
Ini siap menyebarkan , modem nirkabel mandirio menyediakan komunikasi data dan berbaur dengan hamper aplikasi apapun. Ini tersedia dengan berbagai pilihan antarmuka termasuk RS-232 dan Ethernet serta kemampuan GPS untuk menutupi semua kebutuhan aplikasi Anda. The MultiModem CDMA Wirelessmodem didasarkan pada antarmuka standar industri yang terbuka dan dapat desktop atau panel mount.

Modem cdma vt-10 untuk Linux Mint


VENUS VT-81 USB Modem, CDMA 2000 1X RTT 800MHz
* USB Interface, dukungan plug & play
* Suara & servis data berbasiskan CDMA 2000 1X
* Kecepatan upload & download sampai dengan ± 230.4 Kbps, 2 - 3x kecepatan dial up
* Mendukung suara dan SMS
* Mendukung panggilan telepon, SMS,
dan kapibilitas data secara bersamaan
* Mendukung Windows XP/ 2000

Modem CDMA Huawei EC325

* CDMA2000 1X RTT , compatible IS-95 A/ B Standard Connection Mini USB dengan antenna internal.
* User interface total flow meter, and reset flow meter. upload and download sampai 153.6kbps data
* SMS, EMS group SMS
* address book and phone book
* Support Windows2000/ WindowsXP OS
* Standar CDMA2000 1xRTT
* Working Frequency 824MHz ^ 849MHz/ 869MHz ^ 894MHz Upload/Download
* Size 84 mm ( D) x 42 mm ( W) x 12 mm ( H) Weight Approx 32g
* Sesitivity -104dBm
* Power d 1.5W, Max Power Transmit 200mW

Venus VT-12 adalah sebuah modem CDMA 2000 1xRTT dengan frekwensi 800 MHz. Dimana chipset yang digunakan dari Qualcomm dan menggunakan USB Slot. Modem ini mendukung akses internet dengan kecepatan tinggi, Voice, SMS, menggunakan R-UIM, dan compatible dengan sistem operasi Windows 2000, XP dan Vista.

C.   Pengertian Ethernet Card

Ethernet merupakan sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protokol yang banyak digunakan dan diadaptasi oleh perusahaan lain. Ethernet Cable semua kabel media untuk jaringan Ethernet. Contoh Ethernet Cable yaitu kabel jenis 10base5, UTP/STP.
Ethernet card juga sering disebut sebagai kartu jaringan yang biasanya dibeli secara terpisah dengan computer. Secara umum Ethernet card juga disebut sebagai LAN card. Ethernet Card adalah card yang dipasang di komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan LAN (Local Area Network). Setiap Ethernet Card memiliki MAC Address (Medium Access Control) yang bersifat unik, berarti tidak ada 2 Ethernet Card yang memiliki MAC Address yang sama Ada

D.   Jenis-Jenis Ethernet Card

Adapun berbagai macam ethernet card, menurut jenis busnya dibagi menjadi 2 yaitu ISA dan PCI.

*      ISA Ethernet Card



Note the longer connections at the bottom. Most often times this "edge connector" will slide into a black or brown slot on the motherboard. This card would fit into the section titled "ISA Slots" below.



*      PCI Ethernet Card
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

Note the shorter connections at the bottom. Most often times this "edge connector" will slide into a white slot on the motherboard. This card would fit into the section titled "PCI Slots" below.
Above is a typical "Motherboard" or "Mainboard". Yours may look a little different than the one pictured here but the "slots" should look the same.
Berdasarkan teknik penyambungannya Ethernet Card dibagi menjadi 4 :

1. 10Base2 - menggunakan kabel thin coax RG-58 yang berharga murah,
berkecepatan 10Mbps.
            GE Fanuc / Ramix PMC498 10base2 Ethernet Card


2. 10Base5- menggunakan kabel thick coax RG-8 yang berharga lebih mahal,
berkecepatan 10Mbps dan bisa digunakan untuk komunikasi antar gedung pada
jarak 500 meter-an.


10Base5 is the original Ethernet system that supports a 10 Mb/s transmission rate over "thick" (10mm) coaxial cable. The "10Base5" identifier is shorthand for 10 Mb/s transmission rate, the baseband form of transmission, and the 500 meter maximum supported segment length.


            ( 10base5 ethernet card )


3. 10BaseT – menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) mirip kabel
telepon, menggunakan konektor RJ-45, berkecepatan 10Mbps dalam jarak 200
meter-an.


3COM 3C509B-COMBO EtherLink 10Base-T Combo. Combo Network Interface Card. Ethernet 10Base-T 10Base-2. 1 slot ISA half-length. Plug-in card Network adapter. IEEE 802.2 IEEE 802.3. SNMP; RMON. RJ-45, BNC, AUI connectors. ISA Interface





4. 100BaseT – merupakan teknologi lanjutan dari 10BaseT, berkecepatan 100Mbps
& paling banyak digunakan pada LAN pada hari ini. Perlu diperhatikan
penggunaan kabel UTP-nya sebaiknya dipilih yang sebaik mungkin seperti
menggunakan merek Belden Category 5 (CAT 5).



For example, a Sun Enterprise server with a Sun 100BASE-T card


4I61 PC/104-PLUS 100BaseT Ethernet card

4I60 PC/104-PLUS 100BaseT Ethernet card


4I71 PC104-PLUS MAC-HUB 100BaseT Ethernet card

      Dell 61PMC Intel A28276 Dual-Port 10/100 NIC, 100Base-T

BAB II
PENUTUP
KESIMPULAN.
Dari penjelasan materi, akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan Jaringan imternet, Modem dan Ethernet Card adalah sebagai berikut:
1.      Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
2.      Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal. Adapun jenis modem yang biasanya dipasang dikomputer yaitu:
*         Modem 3GP
*         Modem GSM
*         Modem Analog
*         Modem ADSL
*         Modem Kabel
*         Modem CDMA
3.      Ethernet Card adalah card yang dipasang di komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan LAN (Local Area Network). Setiap Ethernet Card memiliki MAC Address (Medium Access Control) yang bersifat unik, berarti tidak ada 2 Ethernet Card yang memiliki MAC Address yang sama Ada
4.      Adapun berbagai macam ethernet card, menurut jenis busnya dibagi menjadi 2 yaitu ISA dan PCI.
5.      Berdasarkan teknik penyambungannya Ethernet Card dibagi menjadi 4 :

1.      10Base2 - menggunakan kabel thin coax RG-58 yang berharga murah,berkecepatan 10Mbps.
2.      10Base5- menggunakan kabel thick coax RG-8 yang berharga lebih mahal, berkecepatan 10Mbps dan bisa digunakan untuk komunikasi antar gedung pada jarak 500 meter-an.
3.      10BaseT – menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) mirip kabel telepon, menggunakan konektor RJ-45, berkecepatan 10Mbps dalam jarak 200 meter-an.
4.      100BaseT – merupakan teknologi lanjutan dari 10BaseT, berkecepatan 100Mbps.

SARAN.
Demikianlah Kliping ini, Akhirnya kepada Allah jua-lah kita berharap, mudah-mudahan Kliping ini berguna bagi kita semua sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.










DAFTAR PUSTAKA

Ø  Drs. M. Thalib. Dosa besar. Penerbit : Gema Risalah Press.
Ø  Bhantana.blogspot.com  24 Des 2009.
Ø  Susie89. 20 Maret 2010. Jakarta: Munashoroh Palestina.
Ø  Ibn Abd Muis. 2010. Jakarta: Munashoroh Palestina.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Resource

TABLE OF CONTENTS



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. C4T4T4N 4N4K B4NGS4 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger