Home » , » KEGUNAAN ALKOHOL

KEGUNAAN ALKOHOL


KEGUNAANALKOHOL
Halaman inimenjelaskan secara singkat tentang beberapa kegunaan yang lebih penting daribeberapa alkohol sederhana seperti metanol, etanol dan propan-2-ol.
Kegunaanetanol
Minuman
"Alkohol"yang terdapat dalam minuman beralkohol adalah etanol.
Spirit(minuman keras) bermetil yang diproduksi dalam skala industri
Etanolbiasanya dijual sebagai spirit (minuman keras) bermetil yang diproduksi dalamskala industri yang sebenarnya merupakan sebuah etanol yang telah ditambahkansedikit metanol dan kemungkinan beberapa zat warna. Metanol beracun, sehinggaspirit bermetil dalam skala industri tidak cocok untuk diminum. Penjualan dalambentuk spirit dapat menghindari pajak tinggi yang dikenakan untuk minumanberalkohol (khususnya di Inggris).
Sebagaibahan bakar
Etanol dapatdibakar untuk menghasilkan karbon dioksida dan air serta bisa digunakan sebagaibahan bakar baik sendiri maupun dicampur dengan petrol (bensin)."Gasohol" adalah sebuah petrol / campuran etanol yang mengandungsekitar 10 – 20% etanol.
Karenaetanol bisa dihasilkan melalui fermentasi, maka alkohol bisa menjadi sebuahcara yang bermanfaat bagi negara-negara yang tidak memiliki industri minyakuntuk mengurangi import petrol mereka.
Sebagaipelarut
Etanolbanyak digunakan sebagai sebuah pelarut. Etanol relatif aman, dan bisadigunakan untuk melarutkan berbagai senyawa organik yang tidak dapat larutdalam air. Sebagai contoh, etanol digunakan pada berbagai parfum dan kosmetik.
 
Kegunaanmetanol
Sebagaibahan bakar
Metanol jikadibakar akan menghasilkan karbon dioksida dan air.
Metanol bisadigunakan sebagai sebuah aditif petrol untuk meningkatkan pembakaran, ataukegunaannya sebagai sebuah bahan bakar independen (sekarang sementaraditeliti).
Sebagaisebuah stok industri
Kebanyakanmetanol digunakan untuk membuat senyawa-senyawa lain – seperti metanal(formaldehida), asam etanoat, dan metil ester dari berbagai asam. Kebanyakandari senyawa-senyawa selanjutnya diubah menjadi produk.
 
Kegunaanpropan-2-ol
Propan-2-olbanyak digunakan pada berbagai situasi yang berbeda sebagai sebuah pelarut.

 ORIGIONAL SUMBER : Http://khamriadhye.blogspot.com

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Resource


TABLE OF CONTENTS



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. C4T4T4N 4N4K B4NGS4 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger