Home » , » Makalah Coreldraw X3

Makalah Coreldraw X3


CORELDRAWX3
Pendahuluan
Secaraumum program desain grafis terdiri dari 2 macam, yaitu
1.       Berbasisvektor
2.       Berbasisbitmap (raster)
Nama-namaperangkat lunak untuk desain grafis
No
Sofware
Keterangan
1
Corel Draw
Berbasis Vektor
2
Free hand
Berbasis Vektor
3
Adobe Illustrator
Berbasis Vektor
4
Paint
Berbasis Raster (bitmap)
5
Photoshop
Berbasis Raster (bitmap)
6
Corel Photo paint
Berbasis Raster (bitmap)
7
Gimp
Berbasis Raster (bitmap)
Pengertiandesain grafis berbasis
Vector   : Desain grafis yang berbasisbesaran dan arah, atau magnitude dan direction
Bitmap : Desain grafisyang memiliki berjuta-juta titik atau pixel
Perbedaandesain grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap
Berbasis vektor
Berbasis bitmap
Gambar tetap jelas ketika diperbesar
Gambar kurang jelas jika di perbesar (menjadi kabur dan pecah)
Tersusun oleh garis dan kurva
Terdiri atas titik / dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil
Ukuran file yg dihasilkan besar
Kualitas grafik tidak bergantung dari banyaknya pixel
Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

Perbedaandan Persamaan Penggunaan Pewarnaan CMYK dan RGB
Ø  Persamaan
RGB dan CMYK itusama-sama warna primer.
Ø  Perbedaan
RGB
CMYK
*       Red Green Blue (merah, hijau, biru)
*       RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor
*       Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor
*       Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih
*       Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
*       CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
*       CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
*       Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam
Ø  Kesimpulan :
Untuk hasil terbaik pencetakan :
*  Gunakanwarna CMYK
*  Kenalisemua karakteristik perangkat anda (scanner, printer, monitor dll) dengan baik.
Untuk desain web dan desaingrafis (output monitor) :
*  Gunakanwarna RGB
*  Biasakanmengerjakan dalam ruang cahaya yang terkontrol. mengerjakan disain pada siangdan malam hari juga menghasilkan perbedaan warna yang berbeda (terutama untukRGB)
Istilah-istilah
*     Main Menu                          = Sederetan Menu yangdipersiapkan untuk membantu dalam proses pembuatan dan editing gambar
*     Toolbox                               = kumpulan toolatau alat-alat yang digunakan untuk mengedit gambar
*      Properties Bar                      = Tempat kita melakukanpengaturan
*      Pilihan Warna /Color Pallete = Memberikan dan memberi warnapada object
*      Lembar / KertasKerja           = Tempat kita menggambar /bekerja
*      Ikon                                    =Lambangkecil yang berfungsi sebagai menu untuk menuju suatu fungsi.
*      Menu bar                             =Bar yang berisimenu
*      Submenu                             =Bagian dari menu(cascading)
*      Menu                                  =Penuntunfasilitas yang tersedia, untuk mengarahkan user dalam memlilih proses yang akandieksekusi.
MengenalCoreldraw x3
CorelDRAWX3 adalah aplikasi design grafis berbasis vektor untuk membuat beberapa designseperti kartu nama, logo, kalender, poster, dan lain-lain. Dibuat oleh Corel,sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008.
Layoutcoreldraw
Bagian
Keterangan
Menu bar
Area berisi pilihan dalam bentuk pull-down menu
Property bar
Adalah menu bar yang memiliki perintah yang berhubungan dengan obyek atau tool yang sedang aktif. Sebagai contoh, ketika text tool sedang aktif, maka text property bar menampilkan perintah untuk membuat dan mengedit teks.
Toolbar
Adalah menu bar yang berisi shortcut menuju menu dan perintah lainnya.
Title bar
Adalah area yang menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka.
Ruler
Batas horisontal and vertikal yang digunakan untuk menentukan ukuran dan posisi obyek dalam gambar
Toolbox
Berisi tool yang berguna untuk membuat dan memodifikasi obyek dalam gambar
Drawing window
Adalah area di luar area kerja yang dibatasi dengan scroll bars.
Drawing page
Area berbentuk persegi di dalam drawing window yang merupakan area kerja yang tercetak
Docker window
Adalah window yang menyediakan perintah dan

Saatmembuka pertama kali coreldraw akan muncul tampilan sebagai berikut :


a.       NewGraphic :digunakan untuk membuka ruang kerja baru.
b.       OpenLast Edited :untuk mengaktifkan file yang sebelumnya teleh dibuat atau dibuka.
c.       Open Graphic : untukmengaktifkan file yang teleh tersimpan pada memory/ disk
d.       Template:untuk mengaktifkan desain template yang telah tersedia/ disediakan di dalam programCorelDraw
e.       Corel Tutor : untukmengaktifkan tutorial interaktif yang ada/ terinstal dalam program CorelDraw.
f.       What’s New? :untuk mengetahui fasilitas terbaru apa saja yang ditawarkan oleh CorelDrawVersi terbaru ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.
g.       Show thiswelcome sreen at startup : Perintah ini digunakan untuk memilihapakah menu welcome screen


Toolboxdan fungsinya
Padatoolbox terdapat berbagai peralatan untuk menggambar atau membuat desain. Ikon-ikonyang tampil hanyalah sebagian dari yang ada. Untuk melihat ikon-ikon yangtersembunyi, klik pada ikon dengan durasi waktu yang agak lama, maka akantampil ikon-ikon yang tersembunyi. Berikut ini tampilan ikonnya :
1.        Pick Tool Untukmenyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah objek gambar.
2.        Shape Edit
a.     Shape: Menyunting bentuk objek gambar.
b.    SmudgeBrush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
c.     RoughenBrush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline bentuk gambar dengan menarikgaris tepinya.
d.    FreeTransform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan rotasi(pemutaran posisi)bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.
3.        Crop Tool
a.     Crop: Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
b.    Knife: Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
c.     Erase: Menghapus area dalam gambar.
d.    VirtualSegment Delete : Menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).
4.        Zoom
a.     Zoom: Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
b.    Hand: Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
5.        Curve
a.     Freehand: Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
b.    Bezier: Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
c.     ArtisticMedia Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena), seperti brush(efek kuas denganpola pulasan tertentu), Sprayer(efek cat semprot), Calligraphic(efek penakaligrafi), dan Pressure(efek pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpalengkung).
d.    Pen: Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
e.     Polyline: Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
f.     3Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal dan akhir, lalutitik pusat kurva.
g.    InteractiveConnector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
h.    Dimension: Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan miring.
6.        Smart Tools
a.     SmartFill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warnaatau tekstur.
b.    SmartDrawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda gambar ke bentuk dasar atau bentukyang wujudnya lebih halus.
7.        Rectangle
a.     Rectangle: Untuk membentuk segi dan kotak.
b.    3Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
8.        Ellipse
a.     Ellipse: Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
b.    Hand: Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
9.        Object
a.     Polygon: Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
b.    Star: Untuk membentuk bintang.
c.     ComplexStar : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang lebih kompleks dengan persinggungansudut.
d.    GraphPaper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak seperti padakertas gambar teknik.
e.     Spiral: Untuk membentuk spiral(per) secara simetris dan logaritmis.
10.      PerfectShapes
a.     BasicShapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan, smiley face, hinggasegitiga.
b.    ArrowShapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah dengan aneka variasi bentuk,arah, dan jumlah kepala panah.
c.     FlowchartShapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk flowchart(bagan).
d.    BannerShapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan symbol ledakan.
e.     Callout: Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan label.
11.      TextTool Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang berfungsi sebagaiteks artistic maupun keterangan.
12.      InteractiveTools
a.     InteractiveBlend : Untuk membentuk segi dan kotak
b.    InteractiveContour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per tit
c.     InteractiveDistortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull, zipper, dan twister.
d.    InteractiveDrop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam objek.
e.     InteractiveEnvelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik titik(node) pada outline.
f.     InteractiveExtrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
g.    InteractiveTransparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada objek.
13.      Eyedropper
a.     Eyedropper: Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait dari sebuah objek,seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek.
b.    Paintbucket: Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalamobjek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek; yang diambil lewat eyedroppertool, ke objek lainnya.
14.      Outline
a.     OutlinePen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
b.    OutlineColor Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan warna outline.
c.     NoOutline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
d.    ½Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
e.     1Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
f.     2Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
g.    8Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
h.    16Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
i.      24Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
j.      ColorDocker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
15.      FillTools
a.     FillColor Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi bagian dalamobjek) dari sebuah objek.
b.    FountainFill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna dan gradasi ke dalam objek.
c.     PatternFill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke dalam objek.
d.    TextureFill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke dalam objek.
e.     PostScript Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar post-script kedalam objek.
f.     NoDialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
g.    ColorDocker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
16.      InteractiveFill
a.     oInteractiveFill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam sebuah objek.
b.    oInteractiveMesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek. semoga bermanfaat
Membuat dokumenbaru
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Resource


TABLE OF CONTENTS



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. C4T4T4N 4N4K B4NGS4 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger