Home » , , , , » 5 zat yang terkandung pada strawberry

5 zat yang terkandung pada strawberry

apa saja Zat-zat yang terkandung pada strawberry, inilah diantaranya :

1). Vitamin C

Baik bagi pertumbuhan anak strawberry mengandung 94 miligram vitamin C, sedangkan yang dibutuhkan tubuh kita hanya 1,5 kebutuhan vitamin C harian. Dapat dikatakan strawberry mengandung vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk orange. Manfaat dari vitamin C-nya antara lain dapat menjaga gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, baik buta lambung, membantu penyembuhan luka, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, vitamin C-nya juga mengandung zat anti oksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa jenis penyakit akibat radikal bebas.

2).Anthocyanin

Anthocyanin tergolong dalam komponen flavonoid senyawa ini merupakon pigmen pemberi warna merah pada strawberry. Anthocyanin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes.

3).Ellagic acid

Selain zat gizi strawberry juga mengandung senyawa fitokimia yang disebut ellagic acid yaitu suatu persenyawaan fenol yang berpotensi sebagai antikarsinogen dan antimutagen. Senyawa karsinogen yang memicu timbulnya kanker tersebar luas dilingkungan kita, baik berasal dari bahan pangan maupun non pangan.

Oleh karena itu, sudah selayaknya kita membekali diri dengan banyak mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung senyawa antikarsinogen, seperti strawberry. Ellagic acid merupakan persenyawaan fenolik alamiah yang ditemukan pada beberapa famili tanaman, seperti Rosaceae, Fagaceae, Saxi Fraganceae, cunumirutceae dan myrotharnnaceae. Jenis tanaman dan famili Rosnc Pae yang banyak mengandung ellagic acid diantaranya strawberry dan apel.

Pada strawberry senyawa tersebut terdapat pada bagian biji, daun, dan dagung buah strawberry. Kandungan ellagic acid strawberry berkisar antara 0,43-4,64 mg per gram berat kering. Amerika Serikat merupakan Negara yang paling getol meneliti khasiat ellegic acid karena penduduk merekalah yang paling banyak mengkonsumsi strawberry di dunia.

4).Catechin, Quercetin, dan kaempferol

Selain ellagi acid, senyawa folifenol lain yang memiliki aktivitas sebagai anti oksidan adalah catechin, Quercetin, dan kaempferol. Diketahui bahwa sifat anti oksidan aktif dari senyawa fitokimia dalam strawberry dapat membantu dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiosvaskuler, melalui mekanisme penghambatan oksidasi kolesterol-LDC (kolesterol jahat), menaikkan stabilitas plak, meningkatkan fungsi endothelial vaskeler, dan menurunkan tendensi terjadinya proses trombosis (penggumpalan darah).

Hasil penelitian pengukuran aktivitas anti oksidan total terhadap beberapa jenis buah-buahan menempatkan strawberry pada urutan keempat setelah canberi, apel, dan anggur merah. Aktivitas anti oksidan strawberry masih lebih baik dibandingkan buah peach, lemon, dan pir.

5).Asam salisilat

Sebagai obat jerawat alami. Karena strawberry banyak mengandung asam ini. Karena banyak obat jerawat yang terbuat dari buah strawberry.

Sebenarnya masih banyak zat-zat yang terkandung diantara lain folat, potassium, dll. Mengkonsumsi bahan pangan berwarna hijau saja setiap hari itu tidaklah cukup, menurut National Center Institute. Kita seharusnya mengkonsumsi paling tidak satu clan masing-masing 5 kelompok bahan pangan berwarna setiap harinya. Kelima kelompok warna tersebut adalah merah, putih, biru/ungu, kuning, dan hijau.

Mengapa kita dianjurkan melakukan hal tersebut? Alasan yang mendasarinya, setiap warna menunjukkan jenis senyawa tertentu yang dominant pada suatu bahan pangan. Sesungguhnya dibalik warna-warna tersebut terkandung senyawa fitokiia yang berada dengan manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Strawberry merupakan salah satu bahan pangan yang mewakili kelompok bahan pangan berwarna merah

itulah 5 zat yang terkandung pada strawberry.semoga bisa menambah wawasan anda tentang buah ini
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Resource


TABLE OF CONTENTS



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. C4T4T4N 4N4K B4NGS4 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger