Home » » Tips bicara di depan orang banyak

Tips bicara di depan orang banyak

Saya adalah orang paling pemalu di waktu kecil. Jangankan bicara, untuk bercengkerama bersama orang banyak saya terlalu pemalu. Kata mamah, saya gak mau lepas dari pangkuan beliau dikala masih berumur 4 -6 tahun. Saya selalu mengikutin beliau, apapun pekerjaannya. Jadi gak salah kalau saya ini tipe anak rumahan. Di kala anak-anak sudah mulai berani memasuki dunia pendidikan, saya malah takut yang namanya bersekolah. Bahkan saya harus menempuh Sekolah Dasar umur tujuh tahun. Begitu pemalu sekali saya waktu itu
Memasuki era remaja, saya pun masih membawa sifat ini. Jangan heran apabila banyak remaja juga mengalami hal yang sama seperti saya. Alhamdulillah, memasuki SMA saya mulai berani berbicara di depan orang banyak tepatnya di kelas saat persentase atau apapun yang berhubungan dengan pelajaran. Guru saya pernah memberikan tips, apabila ingin percaya diri di depan teman-teman. Guru saya tahu, apabila siswa tidak percaya diri, siswa tersebut akan menggaruk garuk kepala (ciri khasnya), berkeringat, atau gagap dalam bicara dan masih banyak lagi.

Tip-tips yang diberikan guru saya sebagai berikut :
Bawalah pulpen, sebagai pengganti garuk-garuk kepala. Goyang-goyangkan saja pulpen tersebut. terserah merek apapun pulpen tersebut. Bila tidak ada pulpen, bawa saja pensil atau apapun.
Lihatlah dinding belakang, apabila tidak berani menatap wajah-wajah teman anda yang selalu menggoda anda. Maka perhatikan bagian dinding di belakang teman-teman anda.
Sering-seringlah berdiri di depan orang banyak, semakin banyak latihan maka semakin anda berpengalaman.
beri sedikit joke (lelucon), agar dapat mncairkan suasana yang ada pada anda dan sekitar. Apabila masih tidak bisa. Bawalah tisu, karena tisu tersebut akan membersihkan keringat anda.
Ternyata bukan saya saja yang mempunyai sifat pemalu. Bukan malu-maluin loh. Adik saya juga ternyata sama seperti saya. bahkan hingga kuliah begini, dia masih saja membawa sifat ini ke dalam hidupnya. bahkan ada temannya juga yang bersifat seperti ini, susah berbicara di depan orang banyak. padahal anak ini pintar, namun saat persentase dia malah terlihat gugup bahkan menangis. Apa yang harus dilakukan apabila kita mempunyai sifat seperti diatas? Seperti tips yang diberikan guru saya itu sedikit berguna sebenarnya.
Teman-teman jangan khawatir tentunya. Bukan anda-anda saja yang mempunyai sifat seperti itu. Banyak orang di luar sana mengalami yang namanya nervous (gugup) dalam berbicara. Bukan siswa atau mahasiswa saja yang sering mengalamin hal tersebut, namun banyak pejabat-pejabat yang mengalamin hal serupa.
lakukanlah beberapa hal dalam diri anda. Berilah sugesti agar otak anda terpatri semangat buat berani melakukan hal ini dan itu ;
Saya akan tetap bicara
saya akan meningkatkan kemampuan bicara saya dengan melatihnya dengan serius.
Itu baru benar. Lakukanlah, seperti yang diutarakan Larry King (pembawa acara terkenal Larry King Live di CNN), “saya belum pernah tampil ditelevsi sebelumnya, dan saya merasa gugup. Produsen menyuruh saya duduk di kursi putar. Kesalahan besar! karena gugup, saya memutar-mutar kursi ke kiri dan kanan, dan setiap pemirsa di sana melihatnya. benar-benar menggelikan”. Namun larry King menggunakan instingnya, dengan cara memberitahu kepada pemirsa bahwa dia gugup. Dengan mengucapkan kata-kata itu, pemirsa tahu situasi sebenarnya yang dihadapi Larry king, dan dia tidak merasa gugup lagi. “saya lebih enak bicara, karena saya jujur kepada orang-orang yang saya ajak bicara”, ungkapnya lagi.
Banyak baca buku itu kuncinya. Semakin banyak wawasan, maka semakin luas juga cara bicara dan pandang seseorang terhadap lawan bicaranya. Semoga bermanfaat.

SUMBER : 

I’m Dexter

Belajar Menjadi Blogger Profesional di Indonesia

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Resource


TABLE OF CONTENTS



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. C4T4T4N 4N4K B4NGS4 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger